Logo-DCOptima(kesamping)
PMO

PMO adalah sebuah Istilah yang banyak dibicarakan orang sejak awal milenial. Banyak organisasi tertarik untuk membangun PMO tanpa benar-benar memahami arti PMO itu sendiri.

PMO adalah sebuah unit kerja yang terkait dengan pengelolaan project. Tugas PMO sangatlah beragam. Ada unit PMO yang bertugas hanya untuk menjaga sebuah project yang besar. Dimasa yang lalu unit ini sering dinamakan Project Support Office. Namun ada juga PMO yang berfungsi sebagai command center dari seluruh project yang berjalan. 


Beberapa management perusahaan menginginkan PMO setelah mendapat masukan dari konsultan strategis. Bila konsultan strategis dimaksud menggunakan metoda Balance Scorecard (originated by Drs. Robert Kaplan-Harvard Business School and David Norton), maka unit yang diusulkan dinamakan Strategic Management Office yang memiliki fungsi mirip seperti PMO. Nama lain yang pernah digunakan yaitu “Cabinet War Room” yang digunakan oleh Winston Churchill secara extensive mulai tahun 1938 dalam menghadapi perang dunia kedua.


Terlepas dari banyaknya jenis PMO, ada satu kesamaan alasan dalam pembangunan PMO yaitu keinginan menjalankan proyek dengan jauh lebih baik dan membantu organisasi dalam pencapaian tujuannya.


Konsultan DCOptima telah membantu beberapa organisasi dalam membangun PMO yang baru maupun memperbaiki PMO yang ada. Salah satu komponen yang terpenting dalam membangun PMO adalah membangun kompetensi Project Management bagi team yang terlibat di dalam proyek. Komponen lain adalah visualisasi dari seluruh proyek yang berjalan dengan bantuan PM Digital. 


Seluruh pengalaman ini akan memberikan manfaat bagi klien-kien DCOptima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *